Rabu, 25 Oktober 2017

Service Komputer Panggilan Semarang 085643563591

Tips Sehat Bekerja Pada Komputer


Bekerja pada komputer adalah hal yang paling banyak dilakukan di dunia pada saat ini. Hampir seluruh pekerjaan dapat dilakukan di komputer. Setiap bidang, instansi, perusahaan pasti membutuhkan komputer dalam menjalankan laju perusaahannya. 

Banyak orang menghabiskan waktunya hanya di depan komputer, bahkan setiap hari harus berada di depan komputer. Seperti staf, sekretaris, accounting, kasir, terlebih orang yang bekerja di bidang TI pasti selalu berhadapan dengan komputer. 

Bekerja pada komputer merupakan pekerjaan yang santai, tidak membutuhkan banyak tenaga, tidak terkena sinar matahari dan tidak banyak bergerak. 

Tapi, tahukah Anda bahwa bekerja pada komputer memiliki resiko tinggi terhadap kesehatan? 

Mengapa demikian? 
Justru jika kita bekerja tanpa banyak menggerakkan anggota tubuh, maka tubuh akan kaku, keringat tidak keluar. Maka ini sangat berbahaya bagi kesehatan setiap orang.

Selain mata cepat rabun masih banyak lagi resiko lainnya. 

Pada artikel ini, akan dijelaskan tips sehat bekerja pada komputer, yaitu cara – cara agar kita tetap sehat walaupun menghabiskan waktu hanya di komputer.

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasan berikut ini berikut ini.

1. Bekerja di tempat yang nyaman
Meja Khusus Komputer
Bekerja dengan komputer tidak boleh di sembarang tempat. Usahakan badan kita merasa nyaman dan rileks. Kita harus bekerja pada sebuah meja yang khusus didesain untuk meja komputer. 
Jangan bekerja di lantai, tempat tidur, tangga, atau meletakkan laptop di atas paha karena panas yang dihasilkan jelas tidak sehat.


2. Gunakan kursi yang lembut
tips sehat bekerja pada komputer
Kursi Khusus Komputer
Jika Anda sering bekerja lama - lama dengan komputer, gunakanlah kursi dengan dudukan yang lembut sejenis sofa, agar pinggul kita tidak cepat pegal.

3. Hindari posisi duduk yang membungkuk
Duduklah dengan tegap, badan lurus agar tulang tetap lurus dan badan tidak membungkuk. Posisi ini akan membuat kita nyaman dan rileks. Hal ini berarti berkaitan dengan poin 1 dan 2 diatas, bahwa meja dan kursi harus seimbang.
4. Jarak pandang mata tidak boleh terlalu dekat
Jika kita bekerja dengan komputer, usahakan jarak mata dengan komputer minimal 30 cm. Jika terlalu dekat akan membuat resiko tinggi cepat rabun. Karena penyebab paling tinggi mata rabun adalah karena cahaya dari layar monitor.

5. Kurangi kecerahan
Jika anda menggunakan laptop, maka kurangi kecerahan laptop tersebut, sehingga tidak silau ketika anda mengoperasikannya. Jika anda menggunakan komputer gunakanlah kaca anti radiasi pada komputer, atau pakailah kacamata anti radiasi yang tidak mempunyai lensa. 

6. Biasakan melihat tumbuhan hijau disekitar
Sesekali kita harus berhenti sebentar dan melihat tumbuh - tumbuhan atau daun - daun berwarna hijau agar mata kita kembali segar, setelah melakukannya maka kita boleh melanjutkan aktivitas kita di depan komputer.

7. Jangan meletakkan sesuatu dengan sembarangan
Usahakan di meja komputer kita hanya ada barang - barang yang perlu saja untuk komputer, jangan meletakkan sembarangan barang terlebih yang rawan pecah, tumpah dan mudah rusak. 

Seperti meletakkan gelas berisi minum, makanan, atau meletakkan barang - barang elektronik lainnya karena juga berisiko tinggi untuk merusak komputer. Karena terkadang kita tidak sengaja menabrak dan jatuh.
Hal ini berhubungan juga dengan perawatan komputer atau laptop.


8. Luangkan waktu untuk makan
Ketika Anda bekerja pada komputer, mungkin Anda terlalu fokus, atau asyik dengan suasana seperti bermain game. Ingatlah makan, karena makan merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditunda. 

9. Luangkan waktu untuk olahraga
Tubuh tidak banyak bergerak akan berisiko tinggi untuk sakit dan bahkan lumpuh. Jadi jika kita bekerja pada komputer dan tidak banyak bergerak maka resiko lumpuh sangat besar. 

Lakukanlah olahraga ringan mungkin dengan gerakan kecil di sekitar anda bekerja untuk melenturkan otot – otot yang tegang. 

Sekali seminggu berikan waktu anda untuk melakukan lari pagi, agar kepenatan di tubuh hilang dan otot - otot kembali segar.

10. Berikan waktu Anda untuk bersosial
Ini mungkin sering terjadi, karena terlalu sibuk atau asyik dengan komputer, orang - orang di sekitar anda pun tidak lagi anda pedulikan, mungkin saja orangtua, saudara, teman sedang menyapa tapi anda tidak menjawab. 
Sehingga hubungan sosial itu sudah berkurang, kebanyakan orang sekarang sudah sangat individual, tidak peduli dengan orang dan sekitarnya. Hanya asyik sendiri. Sehingga apa pun yang terjadi di sekitarnya tidak tahu dan tidak mau tahu. 

Sesibuk apa pun anda, lakukanlah bersosial dengan orang lain, membuat percakapan kecil, bercerita singkat dan lain - lain. Karena ini sangat penting, manusia itu adalah mahluk sosial

Inilah 10 tips yang disajikan dalam artikel ini sebagai tips sehat bekerja pada komputer, semoga bermanfaat bagi anda. 

Setelah membaca artikel ini, semoga anda dapat mengubah kebiasaan buruk yang mungkin anda lakukan sebelumnya, dan perlu anda ingat kesehatan adalah harta paling berharga, semua akan terasa tidak penting jika kita memang tidak sehat.

Jadi 10 tips ini benar – benar penting kita lakukan jika kita memang ingin hidup sehat.


sumber:http://www.tifkom.net/2014/12/tips-sehat-bekerja-pada-komputer.html


Simba[h] Komputer
Jl Jangli Krajan D 12 candisari
Semarang
Help Desk
Office. (024) 9103 4219
SMS. 085 643 563 591
BBM. D79F2DAF
Email : simbahkomputer@gmail.com






Tidak ada komentar:

Posting Komentar