Rabu, 25 Oktober 2017

Service Komputer Panggilan Semarang 085643563591

Pengertian Memory Paging di Komputer


Memory Paging adalah suatu teknik manajemen memori yang dilakukan oleh komputer untuk menyimpan dan memanggil data dari harddisk ketika kapasitas RAM komputer anda sudah penuh. Data-data ini disimpan di suatu tempat yang dinamakan Page File yang terdapat di dalam harddisk. Page File ini juga bisa disebut Virtual Memory. Jadi, jika kapasitas RAM komputer anda sudah penuh, Windows akan memindahkan beberapa data ke dalam Page File seolah-olah harddisk tersebut berperan sebagai "tambahan RAM" pada RAM fisik komputer anda. 

Skema Memory Paging


Sebagai contoh, anda membuka 2 program yaitu browser dan Microsoft Word. Anda me-minimize browser tersebut dan melakukan pekerjaan anda di Word untuk waktu yang lama. Ketika anda me-maximize browser tersebut, browser tersebut mungkin akan membutuhkan waktu yang lama untuk muncul kembali. Ini terjadi karena komputer anda membaca browser tersebut dari Page File, bukan dari RAM. Karena anda tidak melakukan pekerjaan di browser dan me-minimize-nya untuk waktu yang lama, komputer anda akan memindahkan proses-proses browser ke dalam Page File dan lebih memprioritaskan Microsoft Word untuk disimpan di RAM. Jadi, dapat diambil kesimpulan, komputer anda membaca data lebih cepat dari RAM ketimbang dari Page File.

Untuk contoh yang diatas, anda mungkin pernah mengalaminya jika komputer anda memiliki kapasitas RAM yang sedikit sehingga membuat Windows memindahkan data-data yang lain ke dalam Page File. Jika begitu, mau tak mau, anda disarankan untuk menggunakan Page File supaya RAM anda tidak terlalu berat untuk menampung data. Secara default, Windows sudah otomatis mengatur Memory Paging. Akan tetapi, anda juga bisa mengatur seberapa besar memori yang akan anda ambil untuk Page File. Nah, bagaimana caranya ? Simaklah langkah-langkah berikut ini : 

1. Buka My Computer atau This PC
 

2. Klik kanan kemudian pilih Properties 3. Pilih Advanced system settings 4. Muncul jendela System Properties, pilih tab Advanced, di bagian Performance, klik Settings

System Properties in Windows


5. Muncul jendela Performance Options, pilih tab Advanced, di bagian Virtual Memory, klik Change 

6. Muncul jendela Virtual Memory, pilih partisi yang anda ingin Memory Paging diterapkan, pilih Custom Size, terdapat 2 textbox yang anda harus isi. Isilah Initial Size dan Maximum Size dengan nilai yang anda inginkan. Untuk saya sendiri, saya mengisi Initial Size dengan nilai 2x lipat dari kapasitas RAM saya dan Maximum Size dengan nilai 2x lipat dari nilai Initial Size. Setelah itu, klik Set

Virtual Memory in Windows


7. Klik OK, OK, dan OK. Selesai. Jika komputer anda meminta untuk di-restart, maka restart-lah. 

NB : Langkah-langkah di atas dilakukan dengan menggunakan Windows 8 

Itulah langkah-langkah untuk mengatur Memory Paging di komputer anda. Jadi, jika anda merasa komputer anda sudah lemot karena kapasitas RAM yang sedikit, aturlah Memory Paging tersebut. Untuk anda yang memiliki kapasitas RAM yang banyak, tidak masalah untuk menggunakan Memory Paging dan hanya untuk jaga-jaga. 

Sekian dari saya tentang apa itu Memory Paging dan cara mengaturnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi panduan bagi anda.

sumber:http://www.tifkom.net/2016/05/pengertian-memory-paging-di-komputer.html

sumber:http://semua-cara-tentang-komputer.blogspot.co.id/


Simba[h] Komputer
Jl Jangli Krajan D 12 candisari
Semarang
Help Desk
Office. (024) 9103 4219
SMS. 085 643 563 591
BBM. D79F2DAF
Email : simbahkomputer@gmail.com










Tidak ada komentar:

Posting Komentar