Sabtu, 04 November 2017

HARDWARE

HARDWARE
A.     Hardware
Perangkat keras yang dapat disentuh oleh manusia”. Ada beberapa jenis hardware, diantaranya :
1. Power Supply
Berfungsi untuk menyalurkan listrik keseluruh peranagkat keras komputer agar dapat  hidup dan bekerja. Power supply juga dibedakan dalam beberapa bentuk ukuran, seperti: 300watt, 380watt, 400watt, 450watt, 600watt. dll.
2. Motherboard
Menghubungkan seluruh komponen seluruh komputer, artinya mobo mengemban tugas untuk menghubungkan bahasa kode antar perangkat keras agar dapat disenergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer.
3. Prosessor
Processor adalah sebuah chip kecil yang berfungsi sebagai pemikir atau pemroses semua perintah seperti menjalankan program-program komputer dan menjalankan sistem operasi yang diterima oleh CPU.
4. VGA Card
Berfungsi untuk mengolah data grafis dan menampilkannya ke monitor, contohnya adalah ketika kita bermain game, game dengan ukuran yg besar biasanya akan membutuhkan VGA dengan spesifikasi yg tinggi agar game tersebut dapat berjalan lancar ketika kita mainkan.
5. Cassing
Casing adalah bagian terluar dari CPU. Berfungsi untuk menutupi dan melindungi komponen-komponen lain dari kotoran debu, dll. CPU juga memiliki fungsi sebagai dudukan atau tempat berdirinya komponen-komponen lain agar dapat berhubungan dengan kuat.
  
6. PC Cooler Heatsink
Perangkat komputer yang berfungsi mengurangi panas yang dihasilkan oleh komputer. Mengingat panas pada komputer dapat merusak hardware lain di dalamnya maka peranannya sangat penting.
7. SSD
Merupakan inovasi terbaru dari pendahulunya yaitu hard disk dan media penyimpanan yang menggunakan jenis memory solid state untuk menyimpan data. Data pada SSD disimpan pada chip-chip memori flash yang saling terhubung.
8. Sound Card
Merupakan perangkat keras yang berfungsi mengolah data berupa audio ataupun suara. Pada awalnya sound card hanyalah pelengkap komputer, namun saat ini sound card merupakan perangkat yang harus dimiliki oleh pengguna komputer.
9. Proyektor LCD
Merupakan salah satu jenis proyektor yang biasanya digunakan untuk menampilkan video maupun gambar dari komputer pada sebuah layar maupun pada bidang yang memiliki permukaan datar. Untuk menampilkannya proyektor LCD mengirim cahaya dari lampu lalu diteruskan ke dalam prisma di mana cahaya akan tersebar dalam tiga panel polysilikon yaitu warna merah, hijau, dan biru pada sinyal video.
10. NIC/ LAN Card
Network Interface Card adalah sebuah kartu yang berfungsi menghubungkan komputer dalam jaringan internet. Terdapat dua jenis NIC, diantaranya NIC bersifat fisik (contoh : NIC Ethernet, Token Ring, dll) dan NIC bersifat logis (contoh : Loopback Adapter dan Dial-up Adapter).
11. Speaker
Merupakan perangkat yang terbuat dari logam, membran, kumparan, serta magnet. Speaker mempunyai peranan pernting dalam mengeluarkan hasil pemrosesan berupa suara jika didukung oleh perangkat yang bernama sound card.
12. Webcam
Merupakan kamera digital yang dihubungkan ke komputer. Kebanyakan webcam saat ini menyatu dengan layar laptop. Webcam juga biasanya digunakan untuk mengambil gambar maupun video melalui jaringan internet.
13. AGP Card (Accelerated Graphics Port)
Perangkat keras yang berfungsi untuk memaksimalkan layar resolusi gambar pada komputer sehingga layar tampak seperti besar.
14. Lightpen
Pointer elektronik yang digunakan untuk memodifikasi dan mendesain gambar dengan screen (monitor). Biasanya digunakan pada pembuatan KTP online.
15. Digitizer
Perangkat masukan yang berfungsi untuk merubah perangkat atau data analog menjadi data digital.
16. Touchpad
Touchpad adalah sebuah alat penunjuk yang menampilkan sensor pada permukaan khusus yang dapat menterjemahkan gerakan dan jari-jari pengguna(user) ke posisi yang di inginkan pada layar monitor. Touchpad ini hanya dapat ditemukan pada laptop dan notebook dan cara kerjanya hampir sama dengan mouse.
17. Microphone
Perangkat keras keluaran yang dapat menangkap gelombang suara lalu merubahnya menjadi getaran listrik. Microphone ini memiliki fungsi untuk mengeluarkan suara atau menjadi media rekaman suara yang divisualkan melalui gelombang getaran suara.
18. Magnetic Tape
Salah satu peralatan yang digunakan untuk penyimpanan data untuk berkas besar yang diakses dan diproses secara sequensial.
19. Headset
Perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media pengeluaran untuk gelombang yang telah disistem oleh komputer.
20. Kabel Data
Perangkat keras tambahan pada komputer yang digunakan untuk mengirim atau menerima data dari komputer ke handphone.
21. Card Reader
Perangkat tambahan komputer yang berfungsi untuk membaca kartu memori handphone dan kartu memori lainnya seperti SD Card, Mini-SD, RS Card, MSD (Memory Stick Duo) Card.
22. Router
Perangkat keras jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan yang memiliki akses jaringan sama ataupun berbeda.
23. Hub/Switch
Perangkat keras komputer yang memiliki banyak port yang bertujuan untuk menghubungkan beberapa node(komputer) sehingga membentuk suatu jaringan topologi

sumber :  http://nanisarahhapsari30.blogspot.co.id/2015/11/hardware-dan-software-yang-jarang.html
 


  1. On-site Support :
  • Trouble Shooting, Komputer/laptop Hang, lemot, sering restart, tidak mau hidup, jaringan bermasalah
  • Upgrade Komputer PC
  • Virus Removal & Protection
  • Installasi Jaringan Kabel/Wireless
  • Backup data penting rutin otomatis perhar
Image result for logo simbah komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar