Minggu, 05 November 2017

Sistem Operasi

Sistem Operasi atau Operating System (OS) berdasarkan Wikipedia adalah komponen pengolah peranti lunak dasar (essential component) tersistem sebagai pengelola sumber daya perangkat keras (hardware), dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak.
Dari defisini tersebut, sistem operasi dapat diuraikan sebagai pengelola sumber daya hardware dan menyediakan layanan untuk software. Mari kita bahas kedua poin tersebut.
  • Pengelola Sumber Daya Hardware
Untuk menjalankan sebuah sistem, tentu ada hardware dibelakangnya yang bekerja untuk menjalankan perintah dari user / pengguna. Sistem operasi mengubah inputan user menjadi sedemikian rupa sehingga dapat dijalankan oleh hardware. Misal, untuk melakukan rendering sebuah gambar, sistem operasi akan memerintahkan VGA untuk mengolahnya.
Apakah hardware tidak bisa berjalan sendiri tanpa menggunakan sistem operasi?.
Bisa saja, namun dalam suatu sistem pasti terdapat banyak hardware sehingga jika masing-masing berjalan sendiri, maka ada kemungkinan terjadi error data atau kegagalan sistem. Oleh karena itu, sistem operasi menjadi perangkat untuk menggerakkan semua hardware sehingga hardware satu dan lainnya saling terkait dan meminimalisir terjadi kegagalan sistem.
  • Menyediakan layanan untuk Software
Seperti yang kita tahu bahwa banyak sekali software yang beredar saat ini dengan fungsinya masing-masing. Sistem operasi memberikan layanan kepada software diatasnya untuk dapat mengakses resource yang ada, baik itu hardware atau software yang lain. Jika tidak adanya sistem operasi, maka bisa jadi setiap software akan mengakses dan memanipulasi resource yang ada.
Bisa dibayangkan sendiri kan bagaimana hasilnya kalau beberapa software mengakses resource yang sama?.
Ya pasti data yang dimanipulasi akan tidak jelas isinya. Oleh karena itu, sistem operasi memberikan semacam isyarat, kamu si Software A boleh pakai ini hardware, kamu software B tunggu sampai software A selesai memakai hardware, dan kamu software C tidak boleh jalan jika software B sedang jalan.
Mengapa ada sebuah sistem yan membutuhkan sistem operasi, tetapi ada juga sistem yang tidak membutuhkan sistem operasi?
Pada prinsipnya, sistem operasi hanya dipergunakan untuk memudahkan mengelola sebuah sistem yang kompleks. Jika sistem tersebut tidak kompleks, maka tidak dibutuhkan sistem operasi untuk mengelolanya.
Contoh: Jam dinding !!. Jam dinding hanya bergerak menggunakan gear yang saling berhubungan dan menggerakkan jarum jam untuk Jam Analog. Hal ini tidak perlu menggunakan sistem operasi karena hanya satu sistem yang bekerja.
sumber  ;    http://codejurnal.com/pengertian-fungsi-manfaat-dan-macam-macam-sistem-operasi/

  1. On-site Support :
  • Trouble Shooting, Komputer/laptop Hang, lemot, sering restart, tidak mau hidup, jaringan bermasalah
  • Upgrade Komputer PC
  • Virus Removal & Protection
  • Installasi Jaringan Kabel/Wireless
  • Backup data penting rutin otomatis perhar
Image result for logo simbah komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar